Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara Agar Kualitas Tambak Baik dan Bisa Meningkatkan Kesuksesan Budidaya Udang Vaname


Udang vaname, udang vaname di kolam terpal, harga udang vaname desember 2013, budidaya udang vaname di kolam beton, foto udang vaname, harga udang vaname 2012, harga udang vaname januari 2014, jurnal udang vaname, makanan udang vaname, budidaya udang vaname tradisional, harga udang vaname terkini, pakan udang vaname terbaik, budidaya udang vaname tradisional plus, harga udang vaname 2013, daftar harga udang vaname 2014, udang vaname kolam terpal, budidaya udang vaname di air tawar, budidaya udang vaname di kolam, harga udang vaname naik, budidaya udang vaname intensif, morfologi udang vaname, jual udang vaname, budidaya udang vaname secara intensif, cara budidaya udang vaname yang baik, udang vaname pdf, harga udang vaname saat ini, budidaya udang vaname semi intensif, harga udang vaname terbaru, harga udang vaname 2014, klasifikasi udang vaname, budidaya udang vaname pdf, budidaya udang vaname air tawar, udang vaname air tawar, budidaya udang vaname secara tradisional, budidaya udang vaname di kolam terpal, harga udang vaname hari ini, harga udang vaname.


SeputarTambak - Dalam Budidaya Udang Vaname untuk menjaga kualitas air yang baik merupakan sarat mutlak kesuksesan budidaya. Dilihat dari segi fisika, kimia dan biologi, air tambak mempunyai beberapa fungsi dalam menunjang kehidupan udang serta pakan alaminya. 
Parameter kualitas air adalah beberapa ukuran yang digunakan untuk mengetahui kualitas air. 
Pada Budidaya Udang Vaname, kualitas air ditentukan oleh : 
  1. Salinitas,yaitu jumlah total garam terlarut yang terukur dalam sampel air dalam satuan ppt (part per thausand). Salinitas yang baik untuk budidaya udang Vaname adalah 15-22 ppt. 
  2. DO (Dissolved Oxygen), yaitu jumlah oksigen yang terikat dengan partikel air. Udang Vaname memerlukan oksigen untuk menghasilkan energi untuk beraktivitas, pertumbuhan, reproduksi dan lain-lain.. Besarnya DO optimal untuk budidaya adalah 4 – 7,5 ppm. DO dihasilkan dari aktivitas fotosintesa phytoplankton pada siang hari dan dari penggunaan kincir air. 
  3. Derajat Keasaman (pH) yaitu tingkat keasaman air yang dinyatakan dalam pH air. Besarnya pH air yang optimal untuk kehidupan udang adalah 6,5 – 8 (netral), karena pada kisaran tersebut menunjukkan imbangan yang optimal antara oksigen dan karbondioksida serta berbagai mikrooranisme yang merugikan sulit berkembang. 
  4. Alkalinitas, yaitu kapasitas air untuk menetralkan setiap penambahan asam tanpa menurunkan pH, alkalinitas merupakan buffer (penahan) terhadap pengaruh pengasaman. 
  5. Secara fisik, kualitas air untuk Budidaya Udang Vaname ditentukan oleh ; 
  6. Kecerahan (transparansi) air, kecerahan pada hakekatnya menunjukkan populasi plankton dan kandungan material terlarut dalam air. Kecerahan diukur dengan secci disc, yaitu alat berupa stik yang ujungnya ada piringan dicat hitam dan putih, kecerahan ditentukan jika batas antara hitam dan putih pada piringan tersebut mulai tidak jelas. 
  7. Suhu, Suhu air juga sangat penting bagi kehidupan ikan atau udang karena suhu air sangat berpengaruh terhadap kehidupan jasad renik (mikroorganisme), sehingga dapat mempengaruhi kehidupan ikan dan udang. Suhu ideal untuk budidaya adalah 25 – 310 C . 
  8. Kedalaman air. untuk kolam budidaya, kedalaman air yang ideal yaitu 70 – 120 cm. Air yang terlalu dangkal menyebabkan perubahan suhu terlalu besar. Jika air terlalu dalam mengakibatkan perbedaan suhu yang menyolok.
Jika kita berhasil menciptakan kualitas air yang baik dan bisa mempertahankannya selama proses Budidaya Udang Vaname, maka peluang untuk berhasil sangat tinggi. 

Untuk itu penggunaan teknologi Organik sangat diperlukan khususnya teknologi yang berfungsi menciptakan berbagai parameter kimia khususnya dalam kondisi ideal untuk Budidaya Udang Vaname. TON (Tambak Organik Nusantara) Teknologi Penyubur Tambak TON (Tambak Organik Nusantara) dari PT NASA adalah produk yang tepat digunakan untuk Budidaya Udang Vaname. Hal ini sudah terbukti lama pada budidaya udang windu, bandeng, rumput laut dan perikanan darat sejak tahun 2002 di berbagai daerah. 

Penggunaan TON pada kolam budidaya baik sebelum maupun selama budidaya berlangsung dapat meningkatkan kualitas air, karena TON mempunyai kandungan asam humat yang berperan dalam berbagai proses fisika kimia dan biologi di alam. Dengan pemakaian TON sesuai dengan anjuran mampu menciptakan kualitas air yang stabil selama Budidaya Udang Vaname berlangsung.

3 komentar untuk "8 Cara Agar Kualitas Tambak Baik dan Bisa Meningkatkan Kesuksesan Budidaya Udang Vaname"

  1. suplier kincir tambak udang hub daniel 0822 3356 3475 atau kunjungi website kami di www.KincirTambakUdang.com. dapatkan harga dan qualitas terbaik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah saya pindah ke halaman baru ya om... :)
      http://seputartambak.blogspot.co.id/p/tempat-promosi-seputar-kebutuhan-tambak.html

      Hapus